Cara kerja DHCP Server pada jaringan komputer
DHCP menggunakan 4 tahapan proses untuk bisa memberikan konfigurasi nomor IP. Jika Host memiliki NIC (Network Interface Card) lebih dari satu dan perlu no IP lebih dari satu maka proses DHCP dijalankan untuk setiap adaptor secara sendiri-sendiri. Penjelasan 4 tahapan DHCP sbg berikut:

Tahap 1: IP Least Request

Tahap pertama adalah proses dimana host dalam jaringan meminta IP address yang tersedia pada DHCP serverHost terhubung dalam jaringan, host ini akan mencari dulu apakah ada DHCP server yang bekerja pada jaringan tersebut. Setelah diketahui, host akan meminta IP address pada DHCP server yang ada.

Tahap 2: IP Least Offer

DHCP server mendengar broadcast dari host yang baru terhubung dalam jaringan tersebut. Kemudian DHCP server memberikan penawaran kepada host tersebut berupa IP address.

Tahap 3: IP Lease Selection

Setelah diberi penawaran oleh DHCP serverhost yang me-request tadi menyetujui penawaran yang diberikan oleh DHCP server. Selanjutnya host memberikan pesan kepada DHCP server yang isinya adalah meminta agar DHCP server meminjamkan salah satu IP address yang tersedia dalam DHCP-pool yang dimiliki DHCP server. (DHCP-pool adalah range IP address yang bisa digunakan oleh host yang terhubung dengannya).

Tahap 4: IP Least Acknowledge

DHCP server akan merespon pesan dari host dengan mengirimkan paket acknowledgment yang berupa IP address dan informasi lainnya yang dibutuhkan. Setelah memberikan IP kepada host, DHCP server akan memperbaharui database yang mereka miliki. Sedangkan host akan melakukan inisialisasi dengan mengikat (binding) nomor IP address yang diberikan oleh DHCP server dan host sudah bisa beroperasi dan mendapat layanan pada jaringan tersebut. Host tersebut adalah DHCP client.